Jumat, 22 Juni 2018

Salahuddin Al Ayyubi Sang Penakluk

Namanya Yusuf bin Najmuddin atau lebih dikenal dengan sebutan Salahhudin Al-Ayyubi. Barat menyebutnya Saladin.
Ia adalah jendral perang dan pejuang muslim Kurdi dari Tikrit (daerah utara Irak). Dialah yang mendirikan Dinasti Ayyubiyyah di Mesir dan Syria. Dia juga yang membawa oposisi Islam untuk kaum Frank dan Tentara Salib Eropa lainnya di Levant.
Salahuddin terkenal di dunia Islam dan Kristen karena kepemimpinan, kekuatan militer, dan sifatnya yang kesatria. Salahuddin pernah memimpin umat Islam melawan Tentara Salib dan akhirnya merebut kembali Palestina dari Kerajaan Tentara Salib di Yerusalem setelah kemenangannya dalam Pertempuran Hittin. Hal ini lah yang menjadikan dirinya sangat terkenal di kalangan umat Kristen.
Salahuddin juga yang merebut kembali Mesir dari tangan kotor aliran kebatinan sesat Syi'ah Fathimiyah. Ia juga yang membersihkan Al Azhar dari aliran Syi'ah itu.
Salahuddin juga terkenal sebagai ulama, tokoh terkemuka di Kurdi dan Arab. Salahuddin adalah seorang penganut Islam Sunni dan murid dari tatanan Sufi Qadiri.
Meskipun menjadi musuh Tentara Salib, Salahuddin sangat dihormati oleh orang-orang Kristen, terutama oleh Raja Richard. Richard pernah memuji Salahuddin sebagai pemimpin besar yang memberi pengaruh besar dalam sejarah kerjaan Muslim. Bahkan, dia menyebut Salahuddin sebagai pemimpin terbesar dan paling kuat di dunia Islam.
Salahuddin meninggal pada 4 Maret 1193 M, atau hampir tepat 825 tahun yang lalu di Damaskus. Dia dimakamkan di sebuah makam megah di taman luar Masjid Umayyah di Damaskus, Suriah. Namanya masih dikenang dan menjadi bagian dari sejarah Islam.
Semoga Allah merahmatinya, Aamiin.


#cp@afdelsyarif

Posting Unggulan

Mengenali Tauhid

Bismillaahi rahmaani rahiim... Tauhid adalah dasar Islam, pondasi agama yang paling agung yang harus diketahui oleh setiap orang yang me...