Sabtu, 15 September 2018

Lakukanlah Segala Sesuatu Hanya Karena Allah

Dalam sebuah pertempuran, Ali bin Abi Thalib berhasil mengalahkan seorang kafir. Kala itu, Ali menjatuhkan musuhnya setelah terjadi duel. Ali kemudian menempelkan ujung pedangnya di leher orang kafir itu, dan hampir saja melukainya karena marah. Dalam kondisi terdesak, si kafir kemudian meludahi wajah Ali bin Abi Thalib dan membuatnya tercengang.

Ali kemudian menarik pedangnya menjauhi leher si kafir. Niat untuk membunuh si kafir diurungkan oleh Ali. Ali lantas berkata, “Membunuhmu adalah perbuatan kurang bijaksana bagiku. Pergilah, aku tidak akan membunuhmu.”Si kafir kemudian bertanya, “Kenapa engkau tidak membunuhku? Bukankah aku ini musuhmu?”

Ali menjawab dengan mengatakan, “Ketika pedangku berada di lehermu, aku sangat berniat membunuhmu karena Allah. Tetapi ketika engkau meludahiku, aku tersadar, jika aku membunuhmu, itu bukan karena Allah, melainkan karena aku dalam keadaan marah.”

Mendengar perkataan Ali, si kafir kemudian tertunduk dan menyungkur memohon kepada Ali agar diajarkan bersyahadat, dan akhirnya si kafir pun masuk Islam dan ikut berperang di barisan kaum muslimin.

Masya Allah, Sayyidina Ali tidak jadi membunuh musuhnya hanya karena takut niatnya yang semula “membunuh karena Allah” berubah menjadi “membunuh karena emosi atau marah”. Dan sudahkah kita bersikap seperti Sayyidina Ali yang melakukan segala sesuatunya hanya karena Allah bukan karena nafsu. Semua kembali pada diri kita sendiri, Wallahu ‘alam….

Rasulullah bersabda:

ﺇِﻧَّﻚَ ﻟَﻦْ ﺗَﺪَﻉَ ﺷَﻴْﺌًﺎ ﻟِﻠَّﻪِ ﺇِﻻَّ ﺑَﺪَّﻟَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺑِﻪِ ﻣَﺎ ﻫُﻮَ ﺧَﻴْﺮٌ ﻟَﻚَ ﻣِﻨْﻪُ

“Sesungguhnya tidaklah engkau meninggalkan sesuatu karena Allah, kecuali Allah ‘Azza wa Jalla akan mengganti bagimu dengan sesuatu yang lebih baik dari apa yang kamu tinggalkan.” (HR. Ahmad)

Demikian, Ali membimbing si kafir memeluk Islam. Sengitnya pertempuran tidak menjadi penghalang untuk datangnya hidayah dan kebenaran.

#cp@dbongsghuroba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Unggulan

Mengenali Tauhid

Bismillaahi rahmaani rahiim... Tauhid adalah dasar Islam, pondasi agama yang paling agung yang harus diketahui oleh setiap orang yang me...