Rabu, 03 Oktober 2018

Ikrimah, Seorang Kafirun Yang Berubah Total

Ikrimah Ibnu Abu Jahal adalah anak dari gembong kesyirikian yakni Abu Jahal, pernusuhannya kepada islam tidak perlu ditanyakan lagi, bahkan Syahidah pertama yang dimiliki umat islam asbab kekejaman tangannya, Sumayyah Ibnu Khalaf Syahid ditangan bengis Abu Jahal.


Dimasa sebelum memeluk islam Ikrimah salah satu pemuda yang sangat memusuhi islam, beberapa kali ikut memerangi kaum muslimin seperti di perang badar, uhud, dan pengepungan kota madinah di perang Ahzab.


Bahkan ia salah satu pemuda yang mencoba membunuh Rasulullah ﷺ saat beliau hendak hijrah ke madinah, tapi qadarullah Rasulullah ﷺ selamat atas makar Allah kepada musuh-musuhnya.

Tapi siapa yang sangka, pemuda yang memiliki ayah seorang Abu Jahal, beberapa kali memerangi kaum muslimin dan berusaha membunuh Nabi, di akhir hidupnya mendapat kemuliaan sebagai syuhada di perang Yarmuq.

Alhamdulillah asbab pertolongan Allah dan keikhlasan Orang-orang seperti Iqrimah Allah memenangkan kaum muslimin di perang Yarmuk, dan menghapus kedigdayaan kekaisaran romawi di Jazirah Arab.

Pada saat itu kondisi pasukan kaum muslimin sudah genting, sebagian pasukan melarikan diri karena sengitnya pertahanan musuh dengan perbandingan jumlah pasukan 1 banding 4, sebagian sejarawan menuliskan jumlah pasukan muslim 45 ribu orang dan pasukan romawi 250 ribu orang.

Pada saat yang genting itu Ikrimah sebagai komandan pasukan kavaleri berkuda menyemangati pasukan dibawah komandonya dan mengajak mereka berbai'at mati sampai darah penghabisan, Alhamdulillah pasukan inilah yang menghancurkan jantung pertahanan musuh dan membuat mental kaum muslimin yang sebelumnya tersudut kembali bersemangat lagi.

Hasil dari pertempuran ini dimenangkan kaum muslimin, sebagian besar pasukan romawi terbunuh dan kebanyakan dari mereka mati akibat terjatuh di lembah yarmuq saat melarikan diri dari kejaran kaum muslimin.

Tubuh Iqrimah ditemukan dengan kondisi tidak kurang dari 60 tusukan senjata tajam dan tembakan anak panah bersarang ditubuhnya, sampai-sampai kaum muslimin tidak mengenali jasadnya kecuali saudari perempuannya yang mengetahui karena ada tanda lahir ditubuh adiknya ini.

Taqobbalahullah Ya Syuhada,

Siapa sangka orang yang awalnya memerangi islam dengan sengit di akhir hidupnya mendapat kemuliaan bersimbah darah karena menegakkan kalimatillah.

#cp@asheirtuffah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Unggulan

Mengenali Tauhid

Bismillaahi rahmaani rahiim... Tauhid adalah dasar Islam, pondasi agama yang paling agung yang harus diketahui oleh setiap orang yang me...