Minggu, 21 Oktober 2018

Pertimbangan Madhorot Yang Lebih Kecil, Tapi Akibatnya Lebih Besar

Percakapan diwarung mie ayam antara dua sahabat Chong li (C) & Pape (P)

(Obama makan mie ayam di Vietnam) 
C : Pe... taun depan lu pilih sapa...?
P : kagak milih sapa2 gua Chong.. bahaya buat aqidah gua
C : koq bisa....Pe?
P : nih yak.... Calon pertama dah terbukti ke "thagut" annya, trus calon kedua berpotensi jadi "thagut" baru.... Trus gua disuruh milih diantara mereka... Gile lu Chong..
C : tapi kan calon kedua MUDHOROT nya lebih kecil dibandingkan yg pertama... Pe!
P : Chong....sekarang lu gua kasih pilihan nih yak.... Mendingan pilih minum whisky apa beer...lu pan tau MUDHOROT beer lebih kecil dibandingkan dg whisky karena kadar alkohol nya lebih kecil... Jadi kagak bakal bikin mabok bangat... Nah lu pilih yg manee....?
C : Gile apa yak lu Pe.... Kagak bakal gua pilih dua2 nya... kan dua2 nya sama2 yg diharamkan oleh Alloh
P : nah itu lu faham Chong.... Makan dah tu mie nya... Klo adem kan kagak enak...


Ada kisah Seorang pemuda ahli ibadah pada suatu saat dijebak oleh seorang wanita. Dalam perjalanannya dia dikelabui seseorang suruhan wanita tersebut hingga memasuki rumahnya. Setelah berada di dalam dan semua pintu keluar dikunci, pemuda itu ditawari tiga hal oleh wanita tersebut.

“Aku memberimu tiga pilihan untuk kau bisa keluar dari rumah ini, kau gauli aku, kau bunuh bayi ini, atau kau minum khamr (minuman keras) ini”, kata si wanita. “Jika kau memaksa keluar dari rumah ini, aku akan teriak kalau kau berniat jahat kepadku. Siapa yang akan mempercayaimu?” lanjut wanita itu.
Takut mendapat fitnah kalau memaksa keluar, pemuda itu memikirkan tiga pilihan yang ditawarkan. Jika dia bunuh bayi aka ada nyawa melayang; jika dia berzina dosanya sangat besar; minum khamr adalah haram. Setelah berfikir dia akhirnya memilih meminum khamr dengan pertimbangan hanya dia sendiri yang akan menanggung akibatnya (MUDHOROT nya lebih kecil)

Pemuda itupun minum khamr. Setelah beberapa tenggak mabuklah dia. Wanita penjebak di depannya terlihat sangat menarik baginya sekarang. Dalam keadaan mabuk digaulinya wanita itu, setan sudah merasuki dirinya. Setelah berzina, setan masih belum puas menguasainya, dibujuknya pemuda itu untuk membunuh bayi yang ada di rumah itu.

Pemuda itu berfikir dg logika nya bahwa pilihan nya itu adalah yg kecil MUDHOROT nya.... tetapi ternyata ia salah....

ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺍﻟﻨُّﻌْﻤَﺎﻥِ ﺑْﻦِ ﺑَﺸِﻴْﺮٍ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨْﻬُﻤَﺎ ﻗَﺎﻝَ : ﺳَﻤِﻌْﺖُ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻳَﻘُﻮْﻝُ : ﺇِﻥَّ ﺍﻟْﺤَﻼَﻝَ ﺑَﻴِّﻦٌ ﻭَﺇِﻥَّ ﺍﻟْﺤَﺮَﺍﻡَ ﺑَﻴِّﻦٌ ﻭَﺑَﻴْﻨَﻬُﻤَﺎ ﺃُﻣُﻮْﺭٌ ﻣُﺸْﺘَﺒِﻬَﺎﺕٌ ﻻَ ﻳَﻌْﻠَﻤُﻬُﻦَّ ﻛَﺜِﻴْﺮٌ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ، ﻓَﻤَﻦِ ﺍﺗَّﻘَﻰ ﺍﻟﺸُّﺒُﻬَﺎﺕِ ﻓَﻘَﺪْ ﺍﺳْﺘَﺒْﺮَﺃَ ﻟِﺪِﻳْﻨِﻪِ ﻭَﻋِﺮْﺿِﻪِ، ﻭَﻣَﻦْ ﻭَﻗَﻊَ ﻓِﻲ ﺍﻟﺸُّﺒُﻬَﺎﺕِ ﻭَﻗَﻊَ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺤَﺮَﺍﻡِ، ﻛَﺎﻟﺮَّﺍﻋِﻲ ﻳَﺮْﻋﻰَ ﺣَﻮْﻝَ ﺍﻟْﺤِﻤَﻰ ﻳُﻮْﺷِﻚُ ﺃَﻥْ ﻳَﺮْﺗَﻊَ ﻓِﻴْﻪِ، ﺃَﻻَ ﻭَﺇِﻥَّ ﻟِﻜُﻞِّ ﻣَﻠِﻚٍ ﺣِﻤًﻰ ﺃَﻻَ ﻭَﺇِﻥَّ ﺣِﻤَﻰ ﺍﻟﻠﻪِ ﻣَﺤَﺎﺭِﻣُﻪُ ﺃَﻻَ ﻭَﺇِﻥَّ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺠَﺴَﺪِ ﻣُﻀْﻐَﺔً ﺇِﺫَﺍ ﺻَﻠَﺤَﺖْ ﺻَﻠَﺢَ ﺍﻟْﺠَﺴَﺪُ ﻛُﻠُّﻪُ ﻭَﺇِﺫَﺍ ﻓَﺴَﺪَﺕْ ﻓَﺴَﺪَ ﺍﻟْﺠَﺴَﺪُ ﻛُﻠُّﻪُ ﺃَﻻَ ﻭَﻫِﻲَ ﺍﻟْﻘَﻠْﺐُ
‏[ ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﻭﻣﺴﻠﻢ ‏]
Dari Abu 'Abdillah An-Nu'man bin Basyir radhiallahu 'anhuma berkata, "Aku mendengar Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas, dan diantara keduanya ada perkara yang syubhat (samar-samar), kebanyakan manusia tidak mengetahuinya, maka siapa yang menjaga dirinya dari yang syubhat itu, berarti ia telah menyelamatkan agama dan kehormatannya, dan siapa yang terjerumus dalam perkara syubhat maka ia telah terjerumus kedalam wilayah yang haram, seperti penggembala yang menggembala di sekitar daerah terlarang maka hampir-hampir dia terjerumus kedalamnya. Ingatlah setiap raja memiliki larangan dan ingatlah bahwa larangan Allah apa-apa yang diharamkan-Nya. Ingatlah bahwa dalam jasad ada segumpal daging jika ia baik maka baiklah seluruh jasadnya dan jika ia rusak maka rusaklah seluruh jasadnya. Ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati”.
[HR. Bukhari dan Muslim]

#cp@bocahcilik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Unggulan

Mengenali Tauhid

Bismillaahi rahmaani rahiim... Tauhid adalah dasar Islam, pondasi agama yang paling agung yang harus diketahui oleh setiap orang yang me...